Pendaftaran IPDN / STPDN tahun 2010

Informasi…

IPDN/STPDN membuka pendaftaran untuk tahun 2010.

Pendaftaran dbuka mulai tanggal 19 april dan dtutup pada 23 april.
Jd hanya ada kesempatan 5 hari kerja.

Apabila ada yg mau info lebih,kirim j lewat comment…

Dbantu sebisany deh…

About these ads

About DEFI EKOSULISTYONO

ya inilah saya dengan semua kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri saya. bila ingin lebih tau, mari kita chat ato ketemu.

Posted on April 13, 2010, in 2010, daftar, IPDN and tagged , , . Bookmark the permalink. 225 Comments.

    • maap baru balas…
      formulirnya ambil di kantor BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH.

      kmu dari daerah mana???

      • finna nalurita

        kalo masuk sana sistem na kea ap?
        kalo cewek gmna?

      • I. SYARAT-SYARAT PENERIMAAN CALON PRAJA IPDN : TAHUN 2008
        a. Calon Peserta dari Umum
        1. Warga Negara Republik Indonesia.
        2. Fotocopy Ijazah/STTB Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Pertanian Pembangunan (SPMA, SUPN, SNAKMA, STMP) tahun lulus 2006, 2007 dan 2008 dengan nilai minimal rata-rata 7,00 (tujuh koma nol nol) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
        3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dinyatakan dari Polres setempat.
        4. Surat keterangan berbadan sehat, tidak cacat jasmani/rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidak buta warna. Dalam hal berkaca mata diberikan toleransi maksimal ukuran plus dan minus 1,0 (satu koma nol) dan tidak menggunakan contact lens, dari Dokter Pemerintah setempat.
        5. Tinggi Badan sekurang-kurangnya 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.
        6. Surat keterangan belum pernah menikah/kawin/hamil/melahirkan dari Kepala Desa/Kelurahan setempat.
        7. Surat Keterangan Bebas Narkoba.
        8. Surat pernyataan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan, bersedia mengembalikan biaya yang telah dikeluarkan Pemerintah sejak proses penerimaan sampai pelaksanaan pendidikan apabila mengundurkan diri dan/atau diberhentikan karena melakukan kesalahan dan/atau melanggar peraturan-peraturan pendidikan serta bersedia menaati segala peraturan yang berlaku di IPDN yang dinyatakan secara tertulis di atas kertas bermaterai Rp. 6000,- dan diketahui oleh orang tua/wali.
        9. Pas photo hitam putih menghadap kemuka dan tidak memakai kacamata, ukuran 3 x 4 sebanyak 5 (lima) lembar.
        10. Mengisi formulir biodata peserta menggunakan huruf kapital dengan tinta hitam (form terlampir);
        11. Bagi calon peserta yang masih menduduki kelas III SMU/MA/SPMA, SUPM, SNAKMA, STMP wajib menyerahkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon peserta masih duduk di kelas III dan telah mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) dan saat ini masih menunggu hasil kelulusan yang dipergunakan untuk mendaftar sebagai peserta tes calon praja IPDN tahun 2008, dengan ketentuan apabila Ijazah/STTB tidak memenuhi syarat nilai 7,00 (tujuh koma nol nol), maka secara otomatis dinyatakan gugur;

        b. Seleksi
        1) Tahapan Seleksi/Tes
        a. Seleksi Administrasi dilaksanakan oleh Panitia Kabupaten/Kota dan Provinsi, yang selanjutnya akan di verifikasi ulang oleh Panitia Provinsi;
        b. Tes Psikologi, dilaksanakan oleh Lembaga Psikologi yang ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri RI;
        c. Seleksi Kesamaptaan, yang dilanjutkan dengan Seleksi Kesehatan bagi yang lulus Seleksi Kesamaptaan, dilaksanakan oleh Tim Penguji Kesamaptaan dan Tim Penguji Kesehatan PNS yang ditunjuk oleh Panitia Provinsi;
        d. Tes Akademis, dilaksanakan oleh Panitia Pusat bersama Panitia Provinsi dengan Materi Soal dari Pusat;
        e. PANTUKHIR (Penentuan Akhir), dilaksanakan oleh Tim yang terdiri dari Pejabat Eselon I Departemen Dalam Negeri dan pejabat lain yang ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri RI.
        2) Materi Tes Akademis, terdiri dari :
        a. Pancasila dan UUD 1945;
        b. Pengetahuan Umum;
        c. Bahasa Indonesia;
        d. Bahasa Inggris;
        e. Matematika.
        3) Seleksi/Tes dilakukan dengan sistem gugur, yaitu para peserta yang tidak lulus tahapan seleksi/tes sebelumnya tidak diperkenankan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya.

        II. TATA CARA PENERIMAAN
        Penerimaan calon praja IPDN tahun 2008 dilakukan melalui proses sebagai berikut :
        1. Pendaftaran dilakukan pada hari Senin s.d. Jum,at pukul 08.00 s.d 16.00 WIB mulai tanggal 26 Mei s.d. 7 Juni 2008 di Kantor Walikotamadya/Kabupaten sesuai domisili. Khusus untuk pendaftaran pada hari Sabtu dibatasi sampai dengan pukul 14.00 WIB.
        2. Berkas dari Kotamadya/Kabupaten dikirimkan kepada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta c.q. Bidang Pembinaan dan Pengembangan Karier, dan diterima paling lambat tanggal 7 Juni 2008 pukul 16.00 WIB.
        3. Bagi peserta yang memenuhi persyaratan administrasi akan diumumkan pada tanggal 11 Juni 2008.
        4. Bagi calon peserta tes yang masih duduk di kelas III SMU/MA/SPMA, SUPM, SNAKMA, STMP diwajibkan menyerahkan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) dari Kepala Sekolah yang menyatakan hasil nilai rata-rata Ijazah/STTB paling lambat tanggal 16 Juni 2008 jam 16.00 WIB pada Panitia Provinsi (Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta c.q. Bidang Pembinaan dan Pengembangan Karier) dengan ketentuan apabila Ijazah/STTB tidak memenuhi syarat nilai 7,00 (tujuh koma nol nol), maka secara otomatis dinyatakan gugur dan tidak diperkenankan mengikuti tes psikologi.

        INI URUTAN SELEKSI PENDAFTARAN IPDN UNTUK TAHUN 2008
        1. Pendaftaran calon Praja IPDN di Daerah
        2. Pengumuman hasil Seleksi Administrasi dan Penyampaian Daftar nominatif calon praja yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) seleksi administrasi untuk mengikuti Tes Psikologi kepada Departemen Dalam Negeri
        3. Pelaksanaan Tes Psikologi di Ibukota Provinsi
        4. Pengumuman hasil Tes Psikologi Penyampaian daftar nominatif calon praja yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti Seleksi Kesamaptaan dari Departemen Dalam Negeri
        5. Pelaksanaan Seleksi Kesamaptaan di Ibukota Provinsi
        6. Pelaksanaan Seleksi Kesehatan di Ibukota Provinsi
        7. Pengumuman hasil Seleksi Kesamaptaan dan Kesehatan sekaligus Penyampaian daftar nominatif dan hasil Seleksi Kesamaptaan dan Seleksi Kesehatan yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) untuk mengikuti Tes Akademis dari Gubernur kepada Departemen Dalam Negeri
        8. Pelaksanaan Tes Akademis di Ibukota Provinsi
        9. Pemeriksaan hasil Tes Akademis di Departemen Dalam Negeri
        10. Pengumuman peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti PANTUKHIR
        11. Pelaksanaan kegiatan Cek Kesamaptaan dan Kesehatan di IPDN Jatinangor, Jawa Barat, (jadwal masing-masing Provinsi melapor ke IPDN akan disampaikan kemudian)
        12. PANTUKHIR di Kampus IPDN Jatinangor

      • Pak boleh di kirimkan syarat pendaftaran STPDN 2012??

      • @erni : untuk info pengumuman 2012 masih belum ada. kira2 bulan MEI 2012 baru ada. tapi syaratnya ga jauh beda dengan syarat yang tahun 2011.

    • aris.sutansyah

      pak’ pendaftaran untuk tahun 2012 bisa di kira kira kapan pak’????

      • @aris.sutansyah : kalau pastinya kapan masih belum tau, tapi perkiraan bulan awal mei-juni sudah ada pengumuman. biasanya setelah ujian nasional, sudah ada pengumuman pendaftaran.

  1. kalo boleh tanya STPDN terima dari jurusan apa aja? IPS IPA bisa? apa hanya ipa ? dan jg apa dibedakan jurusan nya IPS dan IPA?

  2. kalau untuk yang 2011

  3. ANNISA FITRI HARAHAP

    kapan mulai pendaftaran stpdn untuk tahun kelulusan 2011 dan kalau kita diluar kota bagaimana cara pendaftarannya.

    • pendaftaran dapat dilakukan di masing2 kabupaten kota kalian.

      untuk info lebih lengkap silahkan mendatangi BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH masing2 Kabupaten/Kota.

      • Risal Apriliadi

        Siswa smk Bisa tidak ..aku siswa smk jurusan pertanian bisa tidak masuk ,,

      • @ risal : untuk yang tahun kemarin hanya menerima lulusan SMA/MA. tapi untuk tahun 2011 belum tau. kita tunggu saja informasi pendaftarannya nanti.

  4. syarat untuk pendaftaran ini apa saja?
    biaya pendaftaran brp?

    • I. SYARAT-SYARAT PENERIMAAN CALON PRAJA IPDN : TAHUN 2008
      1. Warga Negara Republik Indonesia.
      2. Fotocopy Ijazah/STTB Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA)/Sekolah Pertanian Pembangunan (SPMA, SUPN, SNAKMA, STMP) tahun lulus 2006, 2007 dan 2008 dengan nilai minimal rata-rata 7,00 (tujuh koma nol nol) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
      3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang dinyatakan dari Polres setempat.
      4. Surat keterangan berbadan sehat, tidak cacat jasmani/rohani, tidak bertato/bekas tato dan tidak buta warna. Dalam hal berkaca mata diberikan toleransi maksimal ukuran plus dan minus 1,0 (satu koma nol) dan tidak menggunakan contact lens, dari Dokter Pemerintah setempat.
      5. Tinggi Badan sekurang-kurangnya 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.
      6. Surat keterangan belum pernah menikah/kawin/hamil/melahirkan dari Kepala Desa/Kelurahan setempat.
      7. Surat Keterangan Bebas Narkoba.
      8. Surat pernyataan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan, bersedia mengembalikan biaya yang telah dikeluarkan Pemerintah sejak proses penerimaan sampai pelaksanaan pendidikan apabila mengundurkan diri dan/atau diberhentikan karena melakukan kesalahan dan/atau melanggar peraturan-peraturan pendidikan serta bersedia menaati segala peraturan yang berlaku di IPDN yang dinyatakan secara tertulis di atas kertas bermaterai Rp. 6000,- dan diketahui oleh orang tua/wali.
      9. Pas photo hitam putih menghadap kemuka dan tidak memakai kacamata, ukuran 3 x 4 sebanyak 5 (lima) lembar.
      10. Mengisi formulir biodata peserta menggunakan huruf kapital dengan tinta hitam (form terlampir);
      11. Bagi calon peserta yang masih menduduki kelas III SMU/MA/SPMA, SUPM, SNAKMA, STMP wajib menyerahkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa calon peserta masih duduk di kelas III dan telah mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) dan saat ini masih menunggu hasil kelulusan yang dipergunakan untuk mendaftar sebagai peserta tes calon praja IPDN tahun 2008, dengan ketentuan apabila Ijazah/STTB tidak memenuhi syarat nilai 7,00 (tujuh koma nol nol), maka secara otomatis dinyatakan gugur;

    • Untuk biaya seleksi menunggu informasi dari BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH masing2 Kabupaten/Kota

  5. nanti tesnya dilaksanakan dimna. . .

  6. saya mau nanya? IPDN itu kan kedinasan, selama kuliah di tarik biaya ga? hm klo STAN kan bener2 gratis kalo IPDN sendiri gmna? Dan tadi saya juga baca, katanya kalo kita masih duduk di kelas 12, menyerahkan formulir, itu diserahinnya kemana?

    • @ Ratri :
      selama kuliah kita tidak dipungut biaya, malah dapat uang saku tiap bulan. dan kalau sudah tingkat tiga sudah diangkat jadi CPNS, jad sudah mendapat GAJI..

      untuk surat keterangan itu diserahkan kepada panitia pendaftaran (Badan Kepegawaian Daerah).

      ada yang mau ditanyakan lagi???

      • pendaftaran nya bisa on line apa g….
        untuk tahun ini kpan di buka pendaftaran nya….
        dan berapa yg di terima …….
        apa kah ada pembatasan penerimaan mahasiswa

      • @ hadi : pendaftaran dilakukan dengan cara melengkapi berkas pendaftaran pada kantor BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) Kabupaten/Kota kmu.

      • saya mw nanya…………….klw kami tyang tamatan 2009 pha msh bz ikut tes buat taun ini
        ????

      • @ FANNY : untuk yang tahun ini masih bisa, kan batasannya lulusan 3 tahun terakhir.

  7. saya mw nnya …
    kapan pendaftaran stpdn tahun 2011 di buka ???
    saya ingin mendaftar

  8. mau tanya>>>kalau lulusan SMK TEKIN apa bisa mendaftar d thun 2011 ini????hohon jawabanya

    • @ Syarif HTT : setau saya, pendaftaran hanya untuk lulusan SMA/MA. tapi untuk yang tahun 2011 saya masih belum tau apakah menerima pendaftaran untuk lulusan SMK.

  9. kalau lulusan smk bisa ga>>?? smk otomotif??

    • @ Ardi : setau saya, pendaftaran hanya untuk lulusan SMA/MA. tapi untuk yang tahun 2011 saya masih belum tau apakah menerima pendaftaran untuk lulusan SMK.

  10. kalau lulusan smk bisa ga??

  11. rouly simbolon

    mas blh nanya yang di jayapura tesnya dibuka tanggal barapa ya??

    • @ Rouly : untuk jayapura, mungkin kamu bisa tanya kepada kantor BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) Jayapura. soalnya untuk wilayah jayapura biasanya ada jadwal khusus, jadi berbeda dengan daerah lainnya.

  12. rouly simbolon

    mas blh nanya yang di jayapura angkatan 2011 tesnya dibuka tanggal barapa ya??

  13. tentang masa pendidikan??brapa bulan..
    trs stlah lulus, ada penempatan krja / gmna?

    • @ adam : pendidikan dilakukan selama 4 tahun. setelah lulus ada penempatan kerja kok. kmu tenang ja. waktu masih kuliah saja sudah diangkat menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), masak setelah lulus dibiarkan tanpa ada penempatan kerjanya,..

  14. apa tiap kotamadya/kabupaten ada kuota untuk mahasiswa STPDN, setelah lulus apa dikembalikan ke daerah atau ditempatkan dr pusat

    • @ yeni : setau saya kuota pendaftaran hanya ditentukan untuk SATU PROPINSI sejumlah berapa orang, BUKAN kuota untuk tiap kabupaten. jadi ada kemungkinan satu kabupaten ada yang lolos seleksi masuk sejumlah 15 orang, sedangkan ada kabupaten lainnya tidak ada yang lulus seleksi. jadi semuanya tergantung pada hasil seleksi yang kalian lakukan.

    • @ yeni : kuota penerimaan hanya ditentukan untuk tingkat PROPINSI, jadi ada kemungkinan 1 kabupaten/kota pesertanya sejumlah 15 lolos semua, tapi ada kabupaten/kota lainnya pesertanya tidak ada yang lolos. jadi semua tergantung pada hasil seleksi, apakah kamu lulus semua tahap seleksi sampai tahap yang terakhir.

  15. kpn pndaftaran dibka????
    truss daftarnya kmna dlu yg pertma???

    • @ arif : pendaftaran biasanya dibuka pada bulan mei-juni. tempat pendaftaran yang pertama adalah di kantor BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) Kabupaten/Kota kmu.

  16. kpan tahun ini di buka pendaftaran
    lagi

    • @ OKY : mungkin pengumumannya ada pada bulan mei-juni 2011. jadi tunggu dulu yaa..

      atau kalau mau mencari informasi, kmu bisa datang ke kantor BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) Kabupaten/Kota kmu.

  17. masuk stpdn boleh pake kerudung ga?hi..

    • @ gina : BOLEH PAKE KERUDUNG KOK. malah mayoritas parempuan yang muslim pake kerudung. jadi kmu ga perlu khawatir.

  18. Saya mau nanya?
    Kapan mulai pendaftaran stpdn untuk tahun 2011, dan apakah lulusan smk dengan jurusan bisnis manajement bisa mendaftar stpdn?

    • @ herman : mungkin untuk pengumumannya baru keluar pada bulan Mei-Juni. dan untuk tahun ini apakah menerima lulusan SMK, ya kita tunggu saja pengumuman pendaftaran untuk tahun 2011.

  19. kampus STPDN tu cuma satu ja???? tw sudah
    ada cabang?

    • @ MALA : kampus STPDN/IPDN ada saat ini ada 5 kampus, kampus pusat di JATINANGOR, kemudian yang lainnya ada di BUKIT TINGGI, PEKANBARU, dan MAKASAR.

      tapi untuk tingkat pertama (semester 1) semuanya kuliah di kampus Jatinangor.

      kemudian untuk semester 2 baru ditentukan kuliah di kampus regional BUKIT TINGGI, PEKAN BARU, MAkASAR atau tetap di KAMPUS JATINANGOR sesuai dengan jurusan masing2.

  20. DESI MARLINA AYU

    saya mau nanya ?
    apakah berat badan berpengaruh pd tahap seleksi?

    • @DESI : berat badan tidak terlalu berpengaruh. asalkan waktu pemeriksaan kesehatan dinyatakan lulus dan dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

  21. Untuk lulusan smk tdk bsa mndaftar tah?

    • @SIGIT : setau saya pendaftaran hanya menerima lulusan SMA/MA. tapi untuk tahun 2011 saya masih belum tau apakah juga menerima lulusan dari SMK.

  22. pendaftaran praja baru tepatnya dibuka tanggal berapa ?? untuk lulusan 2011 ??

  23. Hafidz maghfirah

    Saya mau nanyak,,
    IPDN tu ad brapa cabang?
    Trus , yang di terima berapa orang…

    • kampus STPDN/IPDN ada saat ini ada 5 kampus, kampus pusat di JATINANGOR, kemudian yang lainnya ada di BUKIT TINGGI, PEKANBARU, dan MAKASAR.

      tapi untuk tingkat pertama (semester 1) semuanya kuliah di kampus Jatinangor.

      kemudian untuk semester 2 baru ditentukan kuliah di kampus regional BUKIT TINGGI, PEKAN BARU, MAkASAR atau tetap di KAMPUS JATINANGOR sesuai dengan jurusan masing2.

      untuk yang diterima untuk yang tahun kemarin 1 angkatan (dari semua Propinsi) ada 1.000 orang.

  24. maksud ny nilai 7,00 harus disemua mata pelajaran yg di UAN kan y?
    sulit juga…

  25. Berapa biaya administrasi awal untuk bisa msuk ke STPDN ?

    • @ untuk biaya administrasi berbeda untuk tiap kabupaten/kota. ada yang gratis, ada yang dibantu sebagian biayanya oleh kabupaten/kota, atau ada yang bayar pribadi semuanya.

  26. Untuk masuk k STPDN itu jatah per kabupaten atau provinsi ?

  27. Berapa biaya administrasi awal untuk bisa msuk ke STPDN ?
    Dan untk masuk k STPDN itu jatah dr PER kabupaten atau pRovinsi.?

    • @ yoga : untuk biaya administrasi berbeda untuk tiap kabupaten/kota. ada yang gratis, ada yang dibantu sebagian biayanya oleh kabupaten/kota, atau ada yang bayar pribadi semuanya.

      untuk jatah hanya ditentukan untuk 1 provinsi saja, jadi misalnya provinsi X mendapatkan jatah 90 orang peserta. jadi ada kemungkinan untuk sebuah kabupaten/kota peserta yang lolos 15 orang, sedangkan kabupaten yang lain tidak ada yang lolos seleksi.

  28. jefri bachtiar

    saya kurang jelas tentang ipdn ini

    bila saya lulus nanti segala syarat2 saya bawa ke alamat mana..?
    ada nomor hp yg bisa di hub tidak..?

  29. di stpdn tu ada jurusan apa saja

  30. sya mw nnya………..klw qm tamatan 2009 pha msh bz ikut sleksi wt taun sekarang????

  31. NOVRIA SUSANTI

    kpan mulai buka pendaftaran d ipdn?formulirnya ambil d mana

    • @ NOVRIA : biasanya pengumuman pendaftaran ada pada bulan mei/juni.

      formulir dan kelengkapan berkas bisa diambil di Kantor BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD).

  32. tiap tahun stpdn menerima brapa siswa???

  33. Sebelum saya bertanya, terima atas info2nya ini sngat bermamfaat .yang ingin saya tanyakan Untuk tes kesamaptaan apa saja ? Apakah sama seperti polisi ?
    saya dari kalangan keluarga biasa saja/bkan pejabat….yang sya dengar yang msk STPDN/IPDN itu pejabat semua….yng ingin saya tanyakan apakah saya bisa diterima..???

    • @ faisal : iya. samaptanya mirip seperti Polisi/Akmil. ada lari, push up, sit up, dll.

      jangan putus asa, asal kmu bisa lulus seleksi, pasti ketrima…jadi jangan menyerah sebelum berjuang ya..

  34. kk maf masa se sebentar ituh kk
    hemz
    trus kk fotonya gimana ukuran berapa berapa……..
    sleksinya sama kayak taruna akpol juga yah,,,,,,,,

    • @norman : ukuran foto ada yang 4×6 dan 3×4.
      seleksinya memang mirip seperti taruna atau akpol gitu,.

      semangat ya.

  35. ass..
    saya rima irmayani rahmat siswi SMA N 1 Sepatan Timur kabupaten Tangerang prov Banten,
    saya mw tny klo pnftran mhsiswa thn 2011-2012 tw kpn truz prsyrtan’a apa ja, diserahin’a kmn,maaf ni ya kmrin” sya tlpn k jatinangor kok gx pnah diangkat kenapa ya pdahal sya mw infrmsi tntng IPDN,trims..
    blz..
    blz’a k e-mail sya ja ka..
    wss

    • @RIMA : waalaikumsalam. persyaratannya mirip seperti yang saya posting. tidak jauh beda.

      untuk informasi sebaiknya kamu tanya ke KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD) Kabupaten Tangerang, karena biasanya sudat pengumuman pendaftaran dikirim ke tiap kantor BKD.

  36. whita febriantie

    saya mau nanya kalo tes akademiknya gimana aja ??
    biasanya peserta yg berminat ada berapa orang ??
    Terus ada test yang berat ga ??
    trus biayanya berpa ? Maaf soalnya saya daro kluarga yg kurang dri masalah ekonomi .
    Terimakasih

    • @ Whita: tes akademiknya terdiri atas beberapa materi, seperti yang disebutkan dalam pengumuman pendaftaran.
      jumlah yang berminat sih banyak.
      kalau tentang tesnya, tidak ada yang terlalu berat.
      biayanya tes ada yang gratis ditanggung oleh pemda, ada juga yang bayar penuh dengan uang pribadi.

      semangat ya..

  37. whita febriantie

    kalo yg lulusan tahun 2008 msih bisa ga buat daftar ??
    Terus apa test nya bareng sama yg lulusan 2011 ??
    Jawab ya

    • ya nanti kita coba lihat pengumuman resminya dulu. semoga masih bisa daftar.

      untuk tes tetap gabung dengan semua pendaftar dari semua lulusan tahun yang ditetapkan dapat mengikuti pendaftaran.

  38. aziiz musthofa

    mas defko yang berbahagia..
    saya mau bertanya,, kalau gigi saya ga rata tp sehat dan tidak cacat, apakah bs masuk IPDN??

  39. kalau di daerah kabupaten agam (SUMBAR) ambil formulirnya dimana……..????????????

  40. ka…
    boleh tanya???
    kalo yang lulusan taun 2010 pa masih bisa dftar????

  41. Pengumuman Pendaftaran IPDN tahun 2011 dapat dilihat di alamat website ini 202.182.165.90

    Caranya ketik alamat yg isinya angka itu d GOOGLE

  42. Pengumuman Pendaftaran IPDN tahun 2011 dapat dilihat di alamat website ini 202.182.165.90

    Caranya ketik alamat yg isinya angka itu d GOOGLE

  43. bang… mau nanya nih tentang status muda praja angkatan XXI mengenai pengangkatan CPNS dan mengenai isu CPNS angkatan XXI yg kata.y jadi CPNS setelah pengukuhan. makasih..

  44. pertama saya ucpkn thank’s bwt semua informasinya ya kak , kak persyaratan ipdn 2011 apa ya kak ?

    • @Jovi : untuk persyaratan pendaftaran silahkan baca postingan saya tentang pengumuman pendaftaran IPDN tahun 2011. disitu sudah disebutkan syarat2 pendaftarannya.

  45. ary naibaho

    kalo untuk kota Medan kapan di buka pendaftaran bang.

    tolong di jawab ea bang.

    • @Ary : pendaftaran sama, mulai tanggal 2 – 15 Mei 2011 di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kota Medan.

  46. mau nanya?
    lulusan dri SMK bisa masuk STPDN gak?

  47. Reza Noprial Lubis

    maaf…

    saya ingin menanyakan…

    kapan di buka dan di tutup pendaftaran tahun 2011….?

    • @reza : PENDAFTARAN SUDAH DIBUKA MULAI TANGGAL 2 – 15 MEI 2011. APABILA INGIN MENDAFTAR, SEGERA DATANG KE KANTOR BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH (BKD). SOALNYA HARI MINGGU HARI PENDAFTARAN TERAKHIR.

  48. kapan pndaftaran STPDN d buka????
    dan apa persaratannya???

    • @sarif : pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 2 MEI
      dan ditutup pada tanggal 15 MEI 2011
      untuk persyaratan silahkan baca pada postingan saya tentang pendaftaran IPDN 2011.

  49. Ka saya mau tanya, Tes Akademis dilakukan interview, atau dengan cara yang lain?

    • @Risa : tes akademis dilakukan dengan cara ujian tulis. materi matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, pengetahuan umum, dan tentang Pancasila.

  50. ka, jurusannya ada apa aja?

  51. Rina Karlina

    Saya mau tanya , untuk pendidikan d STPDN nanti d sana kita memilih jurusan atau tidak ? Terus selama kita sekolah d sana asrama atau bagaimana ? Boleh tidak kita ikut pendaftaran d kota lain. Misal : saya orang karawang tapi mengikuti pendaftaran d ciamis .Terima kasih .

    • @rina : nanti untuk jurusan berdasarkan hasil ujian penjurusan/psikologi. selama kuliah kita tinggal di asrama, untuk makan ya diruang makan, dll. untuk pendaftaran bisa ikut tempat lainnya kok. contohnya ada teman dari kota X daftar di kabupaten Y.

  52. izin bertanya, klo smk negeri jurusan adm. perkantoran bisa ikut ga? karena saya lihat materi tes seperti umumnya di dapat di smk juga maksudnya tidak ada fisika dan kimia nya.

    • @farah utami : maap ya, yang saya tau dari pengumuman pendaftaran, hanya dari lulusan SMA/MA.

      Dengan hormat diberitahukan bahwa Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah pada tahun ajaran 2011/2012 membuka kesempatan bagi Putera/Puteri Warga Negara Republik Indonesia untuk mengikuti Pendidikan Tinggi Kepamong Prajaan (Diploma IV) pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
      Adapun ketentuan penerimaan Calon Praja (Capra) IPDN Tahun Ajaran 2011/2012 sebagai berikut :
      I. Syarat dan Tata Cara Pendaftaran
      A. Persyaratan Pelamar / Calon Peserta seleksi meliputi :
      1. Warga Negara Indonesia;
      2. Usia :
      – Pelamar umum maksimal 21 (dua puluh satu) tahun;
      – Pelamar dari PNS Tugas Belajar berumur Maksimal 24 tahun dan mempunyai masa kerja minimal 2 (dua) tahun.
      3. Tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155 cm;
      4. Tahun Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) pendaftar, yaitu; tahun 2009 dan 2010, bagi pelamar umum;

      terima kasih sudah beri koment… :)

  53. kalau bleh tau,apa saja peraturan di dalam sekolah ipdn yg harus di patuhi….?

  54. ass..
    saya ingin sekali msuk stpdn.tpi sya dri keluarga yg biasa” aj.tidak dri glongan org mmpu.apakah sya bisa msuk stpdn..
    gmna y cara msuk stpdn nie,brpa uang muka msk y?
    apakah ada beasiswa atau bantuan untuk kalangan tidak mampu..
    trima ksih..
    mhon d bls y.
    krna sya ingin skali msk stpdn..
    tpi keterbatasan ekonomi slh satu faktof pghambat y..

    • @nurlita : wass. semua orang bisa masuk kok. tidak penting itu dari orang yang mampu atau tidak, yang penting bisa lolos semua seleksinya. kan untuk masuk IPDN ada beberapa tahap seleksi, seperti tes Psikologi, tes kesehatan, tes jasmani, dan tes akademis.

      sebaiknya kamu coba ikut tes saja dulu, ga perlu minder.

      semangat ya…

  55. Tes kesehatannya apa ajjah ya mas

  56. saya mau tanya pendaftarannya buat yang tahun ini dimulai kpan ya ? saya dari sidoarjo. persyaratannya apa aja kalo boleh tau.

    • @ lita : kemungkinan informasi pendaftaran sudah ada pada bulan mei-juni. untuk persyaratan biasanya tidak banyak perubahan dari tahun2 sebelumnya.

  57. klo utk pndftaran th 2012 bln ap ?
    dan klo d daerah tesnya dmn ?
    misalnya lolos d daerah apkah d tes lagi d pusat ?dan apkah tesnya ngulang dri prtama lgi ?
    hehe

    • @wisma: biasanya pengumuman pendaftaran ada sekitar bulan mei-juni. untuk tempat tes menunggu informasi dari masing-masing panitia. biasanya tes yang diulang yaitu tes kesehatan dan tes kesamaptaan.

  58. Met Tahun Baru 2012

  59. mas saya mawu nanyak…ap betul kita d gaji jka lwat stpdn….

    • @all kawsar albicity: iya, kita untuk awal tahun diberi uang saku, trus tahun ketiga mulai mendapatkan uang gaji. karena sudah diangkat sebagai CPNS.

  60. Ass,
    saya mau tanya apakah berat badan pengaruh dengan tes kesehatannya gak ?
    dan jikalau lulus kuliah di STPDN nanti akan ditematkan di asal kotanya atau akan ditentukan ?
    kebetulan saya dari daerah .
    terimakasih :)

    • @laras : wass. untuk berat badan biasanya tidak pengaruh, asalkan hasil tes kesehatan dari TIM DOKTER menyatakan bahwa kamu memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan IPDN. jadi jangan putus asa. tetap semangat…

  61. hai :)
    kalau tahun 2012 IPDN nerima lulusan smk ga ya?

    trus ada tmenku yg gigi dpanya ga rata, memang tidak akn d trima ya kalau gigi ga rara?

    • @wulan : untuk 2012 masih belum ada informasi menerima SMK atau tidak. trus untuk masalah gigi, hal itu tergantung pada hasil tes dari Tim Dokter. jadi jangan putus asa.

  62. ananda hadi kusuma

    pak syarat syarat masuk IPDN 2012 apa apa saja??
    terus daftar masuk IPDN dimn dan bagaimana caranya??

    • @ ananda hadi kusuma : untuk syaratnya tidak banyak perbedaan dengan tahun 2010. untuk pendaftaran dan pengambilan formulir di kantor BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH.

  63. ka..info untuk pendaftaran capra thn 2012 dtunggu infonya ya…
    saya ingin sekali sekolah di IPDN….

    • @ridha : iy, nanti kalau ada informasi saya posting dalam blog ini. atau kamu juga bisa buka website depdagri atau website kampus ipdn untuk melihat informasi pendaftaran IPDN tahun 2012.

  64. julius charlos simanjuntak

    Kak ,bisa minta namanya twitternya ngak ?? Supaya bisa lebih enak nanya nya tentang IPDN.ok

    • julius charlos simanjuntak

      Bang minta nama akun twitternya dong? Supaya lebih enak nanya tentang ipdn , dan kalau ada pin bb boleh juga , soalnya saya pengen sekali masuk IPDN bang, ini pin bb saya bang : 21471E53
      Terimakasih atas informasi2nya bang

    • @julius charlos simanjuntak : maap, aku masih belum punya twitter. :)

  65. Annisa Dwi Wahyuni

    untuk pendaftaran tahun 2012 di buka tanggal brapa???..
    trus formulir bisa minta dimana??.. :)

    • @ annisa dwi wahyuni : untuk tahun 2012 masih belum tahu, tapi sekitar bulan april – juni. untuk formulirnya bisa diambil di kantor BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH.

      • Annisa Dwi Wahyuni

        klo di STPDN ini sistem nya karantina bkan mas??..
        atau kita cari tempat kost sendiri??..

  66. kalo formulir pendaftarannya diambil dimana ???

    • @yunita: formulir pendaftaran bisa diambil di Kantor BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH. biasany dibuka sekitar bukan april-juni.

  67. Lilis Veby D"Remponk

    ass mz, mf sblm nya aku mu nanya.. kpan pndftran d bka N kpan pngmlan frmlir ny?? pngmblan frmlir ap dg biaya?? soal nya aku dri orang yg kurang mmpu.. tp aku brmnat msuk STPDN.. tlg bls d email ku y?? mksh sblm nya..

    • @lilis : silahkan cek email kmu.

      UPS, ternyata email kmu bermasalah. jadi tolong kirimkan alamat email kmu yang aktif.

  68. saya mau tanya
    persyratan stpdn ntu pa saja
    dan kpan buka pendaftaran nya.

    trimaksih dluan y ..

    • @sri angela : untuk syaratnya tidak banyak perbedaan dengan yang tahun 2010. trus pendaftaran biasanya antara bulan april-juni.

  69. Pak klau jurusan Teknik Mesin bisa gak ikut daftar…………?

  70. saya mau nanya.. kalau mau saftar stpdn t di mna y..

    • @alenk + @syamsun : tempat pendaftaran pada Kantor BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH Kabupaten/Kota tempat kamu tinggal. untuk informasi pendaftaran biasanya ada pada bulan april-juni.

  71. kapan pendafdatan ipdn dimulai ?

  72. ass, informasi’a bermanfaa bgt ka defko :)
    saya mau nanya, klo misalkan ga lolos tes pertama apa ada gelombong ke 2 untuk ikut tes lg ???

    • @derry : wass. terimakasih,semoga postingan yang lainnya juga bisa memberi manfaat.
      kalau tidak lolos seleksi tahap 1, maka tidak bisa ikut seleksi tahap 2, dan seterusnya.
      seandainya tidak lolos, maka mencoba mendaftar lagi tahun depan.

      Jangan menyerah. tetap semangat..

  73. @k defko, gini2.. katanya ipdn terima lulusan sekolah pertanian…kalau smk tapi sekolahnya msuk ke kelompok pertanian, industi &rekayasa gmna?
    tolong infonya ya :)

  74. assalamualaikum..
    ka defko, klo misalkn wajah berjerawat bisa ga ya k ipdn?

  75. Kak,mendaftar IPDN pake’ uang g?
    Katanya yang sudah pernah daftar,ujung”nya jg pakek uang. . .
    Mohon dibles ea. . .

    • @siam : memang untuk tiap tahap seleksi tes ada beberapa daerah yang biayanya ditanggung oleh pemda, tapi ada yang seluruh biaya tes ditanggung oleh masing2 peserta. jadi dicoba saja ikut tesnya terlebih dahulu. g usah khawatir tentang hal tersebut. jangan menyerah dan tetap semangat…

      • @k defko, gini2.. katanya ipdn terima lulusan sekolah pertanian…kalau smk tapi sekolahnya msuk ke kelompok pertanian, industi &rekayasa gmna?
        tolong infonya ya :)

        pertanyaan yang wulan di atas aku juga pengen tahu ka?

      • @ASHARAH : MAAP BARU BALAS. UNTUK 2012 JURUSAN SMK DITERIMA ATAU TIDAK MASIH BELUM TAU. KITA TUNGGU INFORMASI TENTANG PENGUMUMAN PENDAFTARAN TAHUN 2012. TETAP SEMANGAT DAN OPTIMIS… :)

  76. kak mau nanya ,, biaya masuknya berapa kira-kira kalau masuk stpdn….?

    • @abdi : untuk biaya tergantung pada pemda masing2. ada yang dibebaskan biaya tes, tapi ada yang semua biaya tes harus dibayar masing2 peserta.

  77. semangat semuanya, kalau memang jalannya ya semoga sukses … :D

  78. masuk IPDN tinggi badan memang GAK boleh kurang dari 160 cm???

  79. GMN??? DFTAR LWAT ONLINE SKRNG Q D IRIAN

    • @febiola : untuk irian biasanya ada pengecualian, biasanya pendaftarannya lebih dahulu. tapi masih tetap secara manual / langsung datang ke kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing.

  80. ass…… kak defko sy mau naya nee, sya ne org KALBAR klau dftar di smrang bisa tdk.
    mhon di blas ya kak…… trma ksih…. wass….

  81. kak boleh nanya daftaran lagi kapan ya?daftar harus online atau giman?thank’s

    • @chindut : informasi pendaftaran biasanya ada pada bulan mei-juni. pendaftarannya dilakukan di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masing-masing.

  82. pak buat tamatan smk tahun 2012 sekarang bisa masuk gak??
    soalnya saya ingin masuk ke ipdn

    • @roby : untuk yang tahun 2012 masih belum ada info. jadi jangan putus asa dan berdoa semoga tahun ini diterima lulusan SMK.

  83. niLai rata2 yang bisa masuk tahun 2012 berapa ????????

  84. untu saat ini udah ada buikaan blum????

    • @dw ayu : ADA INFORMASI, BAHWA PENDAFTARAN IPDN TAHUN 2012 DIMULAI PADA TANGGAL 6 – 17 MEI 2012. TETAPI UNTUK SURAT RESMINYA SAYA MASIH BELUM TAHU.

  85. Rina Karlina

    Dikenakan Biaya pendaftaran ga?

  86. ka defko, berarti surat resmi’a pembukaan untuk daftar disana msh blom ada sampai skrg ??

    • @derry : iya, sampai sekarang belum ada surat resminya. mungkin tanggal besok atau lusa sudah ada informasinya. nanti saya update lagi.

  87. ka, tipe soal untuk tes akademis gmn sih? dlam bentuk pilihan ganda atau essay?

  88. Maaf pak pendaftaran yang buat tahun 2012 buka nya kapan??????

    • @keke : pendaftaran sudah dibuka mulai tgl 21 – 30 mei 2012. kalau ingin mendaftar segera datang ke Kantor Badan Kepegawaian Daerah di tempat kmu untuk mencari informasi tentang persyaratan dll.

      atau untuk informasinya silahkan buka alamat FORBANGJATIM.BLOGSPOT.COM (Blog BKD Propinsi Jawa Timur).

  89. kak,clo penutupannya tgl 30 mei,artinya itu terakhir kali mengisi blangko di bkd apa blangko sudah di setorkan ke pusat?

    • @riefa : tanggal 30 berkasnya masih di BKD Kabupaten/Kota, mungkin sekitar tgl 1-3 juni dikirim pada BKD Propinsi untuk diverifikasi, kemudian dikembalikan ke BKD Kab/Kota dengan data peserta yang lulus seleksi administrasi.

  90. Wiwin Sriandani

    Kak mau Tanya, kalau Dari Bali Kira” yg Akan di terima itu berapa orang ya? Tolong di jawab yaah.. :)

  91. We stumbled over here different web address and thought I might as well check things out.
    I like what I see so now i’m following you. Look forward to looking over your web page for a second time.

  92. Gigi saya gk rata. Apa bisa di terima di IPDN ?

  93. LUKY RAHMA SANDY

    SAYA SANDY DARI JOMBANG JAWA TIMUR. SAYA MAU TANYA KALAU DAFTAR GIMANA CARANYA , HARUS NGAMBIL FORMULIR NYA DMNA

  94. ass…….
    mw tanya kalo persyartan buat thn 2013 apa aja,??
    mhon d bless.

  95. mau nanya untuk persaratan stpdn 2013 salah satunya nilai rata2 7 di ijasah ada nilai rata2 sekolah dan nilai akhir rata2 7 digabung dua-duanya atau nilai akhir rata2 yg dilihat , tolong dibalas secepatnya tks

  96. mau nanya untuk tahun 2013 apakah stpdn / ipdn menerima siswa lulusan smk..???

    • b. Persyaratan Umum :
      1) Warga Negara Indonesia.
      2) Usia pelamar/calon peserta seleksi per tanggal 1 Desember 2013, adalah:
      a) Pelamar umum berusia minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal berusia 21 (dua puluh satu) tahun; dan
      b) Pelamar PNS Tugas Belajar berusia maksimal 24 (dua puluh empat) tahun dengan masa kerja menjadi PNS minimal 2 (dua) tahun.
      3) Tinggi badan calon peserta seleksi Pria Minimal 160 cm dan Wanita Minimal 155 cm.
      4) Tahun Lulus Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) pendaftar, yaitu tahun: 2011, 2012 dan 2013.

      berdasarkan pengumuman tersebut, maap untuk tahun ini tidak menerima SMK.

  97. saya mau nanya persyaratan kan :
    Usia pelamar/calon peserta seleksi per tanggal 1 Desember 2013, adalah:
    a) Pelamar umum berusia minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal berusia 21 (dua puluh satu) tahun …
    nah tahun lahir saya 11 september 1992 , jd september ini sdh 21, sedangkan maksimal 21nya per 1 desember , sedangkan umur sy sdh 21 lebih dulu, bisa di bilang umur sy sdh 21 tahun lewat 3 bulan pd saat per 1 desember itu .. apakah masih bisa ? saya bingung maksud dr kalimat itu ?

  98. apakah arti dari maksimal 21 tahun per 1 desember itu artinya pada saat 1 desember itu umur harus 21 pas tidak boleh lebih bbrp bulan atau 1 hari aja misalkan ?
    atau maksud dr maksimal 21 itu per 1 desember tidak boleh berumur 22 tahun ? dalam artian walaupun umurnya sdh 21 lewat bbrp bln masih bisa daftar ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,373 other followers

%d bloggers like this: